Langsung ke konten utama

Maluku Utara Sore ini diguncang Gempa Bumi 7,2 SR . BMKG: tidak berpotensi tsunami


LOGIKASASTRA.BLOGSPOT.COM-  sore hari ini kita mendapat kabar duka dari Indonesia bagian timur, Maluku Utara diguncang Gempa Bumi 7,2 SR yang terjadi sekitar pukul 18:10 WIT atau 16:10 WIB, Minggu (14/7/2019).

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan lokasi gempa yang terjadi sore hari ini berada di 62 kilometer timur laut Labuha, Maluku Utara, dengan koordinat 0,59 LS dan 128,18 BT, dikedalaman 10 km.



guncangan terkuat terasa di wilayah Obi, getaran nyata yang dirasakan dengan benda ringan bergoyang dan terdapat dibeberapa rumah warga yang mengalami kerusakan bangunan dikarenakan getaran yang cukup kuat, terlebih lagi rumah warga yang ambruk atau hancur. Getaran gempa juga terasa hingga Manado, Ambon, Ternate, Manlea, Gorontalo, Sorong, Bolang, dan Mongondow.

berdasarkan pernyataan terbarunya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membeberkan penyebab gempa yang terjadi.
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar sorong-bacan," kata Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami, Daryono dalam keterangan tertulis.
dan gempa susulan terjadi beberapa kali
"Hingga pukul 17.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan 7 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo di atas 5 sebanyak 5 kali dan 2 kali magnitudo di bawah 5," jelasnya.


meskipun pusat gempa bumi berada dilaut, gempa bumi ini tidak  berpotensi tsunami.
Beberapa hal yang harus dilakukan saat gempa terjadi
  • Jika anda berada didalam ruangan

1. Berlindunglah dibawah meja atau kursi dan benda kokoh lainnya, dengan syarat tempat kalian berlindung memang harus kuat, jika tidak malah kalian yang akan tertimbun reruntuhan bangunan saat gempa terjadi. saat gempa telah diperkirakan berhenti segeralah berlari keluar ruangan menggunakan tangga atau pintu darurat yang mempercepat akses jalan menuju tempat terbuka.
2. Jangan panik, dan tetap tenang agar anda dapat berfikir jernih dan fokus bagaimana cara menyelamatkan diri anda.
3. Mematikan benda berapi yang berpotensi menyebabkan kebakaran, seperti kompor yang masih menyala
  • Jika anda berada didalam kendaraan
segeralah keluar dari kendaraan yang bergerak dan jauhi gedung gedung tinggi carilah tempat terbuka yang jauh dari reruntuhan.
  • Jika anda berada diluar ruangan jauhi tiang listrik, pepohonan, bangunan yang akan berpotensi mengalami kehancuran disaat gempa terjadi, dan ingat untuk tetap tenang dan selalu berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.


sumber: liputan 6, berita satu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pawai Tolak Plastik Sekali Pakai Mentri Susi Hadir Ditemani "MONSTER PLASTIK"

“Ayo semua ikut pawai bersama saya, kita kampanyekan tolak plastik sekali pakai, yang buang plastik sembarangan melanggar HAM,” teriak menteri Susi melalui pengeras suara. “Ayo semua ikut pawai bersama saya, kita kampanyekan tolak plastik sekali pakai, yang buang plastik sembarangan melanggar HAM,” teriak menteri Susi melalui pengeras suara. LOGIKASASTRA.BLOGSPOT.COM  aksi pawai tolak penggunaan plastik sekali pakai diramaikan ratusan orang berkumpul di Bundaran HI berjalan menuju Taman Aspirasi Monumen Nasional (MONAS), minggu (21/7/2019) pagi. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hadir dilokasi dan memimpin pawai “Ayo semua ikut pawai bersama saya, kita kampanyekan tolak plastik sekali pakai, yang buang plastik sembarangan melanggar HAM,” teriak menteri Susi melalui pengeras suara. karena sampah plastik benar benar telah mengancam lingkungan. Pawai bebas plastik ini akan menjadi aksi terbesar di Indonesia untuk menolak plastik sekali pakai. Kegiatan d

Aku si bodoh- i'm stupid

Aku sibodoh Karya. Nova anggraini Carut marut kehidupan silih berganti Bising hinaan menjatuhkan harga diri Cibiran memang hakmu Sedang aku sibodoh itu Berjuta lembar baru tengah menanti Ribuan catatan harapan minta diperjuangkan Tapi ego ku masih saja menggebu tentang sang ilahi Merasa terbuang dari kehidupan yang kelam Keringat bersimbah darah dimasa lalu Kaki tak beralas menyusuri imajinasi Dengan fakta dan opini tentang keikhlasan Amarah mencekam jiwa Disudut waktu kumenanti harapan Harapan menjadi aku Aku si hebat itu Jl. Kembar lestari 9 agustus 10.05WIB